Sunday, December 21, 2014

Makanan Khas Palembang yang Wajib Kamu Cicipi

Posted By: Amzan - 7:33 AM

Share

& Comment

1. Pempek


Siapa yang tak kenal dengan makanan fenomenal yang satu ini? Pempek! Salah satu makanan yang mempunyai cita rasa khas dari Sumatera Selatan. Pempek adalah makanan yang memiliki sejarah panjang. Pempek mulai dikenal pada abad ke-16 saat perantau dari Tiongkok masuk ke daerah Sumatera Selatan. Saat itu, Sultan Mahmod Baharuddin II berkuasa di Kesultanan Palembang Darussalam. Nama pempek ini diyakini berasal dari kata "apek" yang merupakan sebutan untuk lelaki tua keturunan Tiongkok, yang merupakan penjual pempek pada masa itu. 

2. Tekwan


Makanan yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu cicipi. Makanan yang memiliki tampilan seperti sup ini, berisi gumpalan adonan ikan dan sagu yang sudah direbus ditambah kuah udang yang gurih. Biasanya, sebagai pelengkap, ada juga bengkoang, bihun, dan jamur, dengan ditaburi seledri irisan daun bawang dan bawang goreng. Nama Tekwan sendiri ada yang mengatakan dari kata "berkotek dengan kawan", sederhananya berceloteh (ngobrol santai) dengan kawan. Maksudnya, tekwan ini biasanya disantap sambil ngobrol bersama teman-teman.

3. Model


Ups, orang palembang makan model? Jangan salah, ini bukan model yang berlenggang di atas catwalk. Makanan ini terkadang disebut sebagai model pempek. Berbeda dengan pempek pada umumnya, model ini ukurannya agak sedikit besar dengan tahu di dalamnya. Kemudian, kuahnya bukan cuka, tetapi kuah bening, mirip seperti tekwan. Belum diketahui, kenapa dinamakan model. Tapi, yang jelas, setelah makan satu potongan model plus kuahnya, kamu bakal merasa kenyang.

4. Martabak Har


Sebenarnya martabak ini berasal dari timur tengah. Di daerah asalnya, martabak ini banyak dijual. Nah, nama "Har" di belakang martabak ini karena seorang penjual yang pertama kali sukses mempopulerkannya memiliki kedai bernama "HAR". Nama penjual itu adalah Haji Abdul Rozak, mungkin istilah "HAR" sendiri berasal dari singkatan namanya. Haji Abdul Rozak adalah orang India yang menikah dengan orang Palembang, kemudian membuka sebuah kedai martabak khas India, dan ternyata meraih sukses hingga sekarang. Martabaknya yang sangat fenomenal ini, menjadi kuliner khas Palembang yang tidak boleh anda lewatkan.

5. Pindang Patin


Mengolah makanan berbahan ikan merupakan keahlian orang Palembang. Salah satu menu makanan ikan yang sangat lezat dari kota ini adalah Pindang Patin. Potongan ikan patin dikombinasikan dengan kuah rempah-rempah dan irisan buah nanas, menjadikannya sangat segar ketika disantap. 

0 comments:

Post a Comment